10 Spot Foto Keren Hutan Pinus Asri Karangasem Yang Lagi Hits Di Instagram

shares

Hutan Pinus Asri - Inilah spot foto baru super keren Hutan Pinus Asri Karangasem Muntuk yang lagi hits di media sosial instagram dari mulai gardu pandang hingga rumah Spongebob. Ingin tahu lebih banyak tentang  objek wisata alam yang satu ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut.

Dilihat secara geografis, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul memiliki wilayah yang berbukit-bukit dengan pemandangan alam yang indah, termasuk adanya hutan pinus serta air terjun disini. Namun, potensi tersebut sejak dulu belum pernah ada yang meliriknya untuk dijadikan sebuah destinasi wisata.


Hutan Pinus Asri
Hutan Pinus Asri (Foto : IG @dianaputriles)
Seiring berjalannya waktu, berawal dari viralnya Hutan Pinus Mangunan, kini daerah ini menjadi bagian wisata Jogja favorit traveler muda untuk sekedar melapas penat hingga selfie ala anak kekinian.

Hal itu tak lain karena semakin banyaknya spot baru yang di buka oleh warga setempat, seperti Puncak Becici, Kebun Buah Mangunan, Pintu Langit Dahromo, dan juga Hutan Pinus Asri yang sedang di review ini.

Daftar Spot Foto Keren Hutan Pinus Asri Karangasem Yang Lagi Hits

Mungkin diantara sobat traveler ada yang kebingungan atau pun bertanya-tanya, apa seh bedanya Hutan Pinus Asri dan Hutan Pinus Mangunan? Apakah sama, hanya beda nama? Menurut info yang saya terima, kedua objek wisata tersebut masih dalam satu kawasan Hutan Pinus Asri, hanya saja beda dusun / desa.

Hutan Pinus Asri ini cukup luas, meliputi beberapa dusun / desa di Kecamatan Dlingo, Bantul. Nah, lokasi hutan yang berada di Desa Mangunan terkenal dengan sebutan objek wisata Hutan Pinus Mangunan. Ada juga yang menyebutnya Hutan Pinus Imogiri atau Hutan Pinus Nganjir. Ciri khas tempat ini berupa adanya panggung pertunjukkan dan kursi-kursi kayu yang sangat terkenal hingga mendunia.

Gardu Pandang Hutan Pinus Asri
Gardu Pandang Hutan Pinus Asri (Foto : IG @onyone96)
Sementara itu, hutan pinus yang berada di Dusun Karangasem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul dikenal dengan sebutan Hutan Pinus Asri Karangasem / Hutan Pinus Asri Muntuk. Keistimewaan tempat wisata hits di Bantul ini adalah adanya gardu pandang untuk melihat sunset saat pagi hari dengan view pepohonan hijau nan indah dari ketinggian.

Selain gardu pandang, kamu juga bisa menemukan spot foto keren lainnya seperti rumah Spongebob, tempat foto berbentuk bintang, taman bunga, rumah kayu, patung elang, dan rumah pohon. Tempatnya masih alami dengan udara yang bersih dan sejuk. Berikut spot foto di Hutan Pinus Asri Karangasem yang tak kalah keren dengan Mangunan.

1. Gardu Pandang

panorama alam indah Gardu Pandang Hutan Pinus Asri
Ilustrasi panorama alam indah dari Gardu Pandang Hutan Pinus Asri (Foto : IG @yanuar_surya)
Daya tarik utama dari Hutan Pinus Asri ini terletak pada gardu pandang untuk melihat pemandangan perbukitan hijau dari atas bukit. Kamu juga bisa menyaksikan matahari terbit dari sini, tak kalah cantik lho dengan sunrise di Pulau Bali. Bila kamu ingin mendapatkan latar foto yang bagus dan keren, datanglah pagi hari sebelum jam 6 saat cuaca cerah.

2. Pohon Pinus Yang Menjulang Tinggi

Pohon Pinus
Pohon Pinus yang menjulang tinggi dengan pancaran cahaya matahari (Foto : IG @iinfafika)
Sesuai dengan namanya, yaitu Hutan Pinus Asri, disini kamu akan disuguhi puluhan pohon pinus yang menjulang tinggi dengan gagahnya. Pohon pinus yang berjejer rapi ini akan semakin tampak cantik ketika ada berkas cahaya matahari yang masuk diantara sela-sela pepohonan. Coba deh, alihkan pandanganmu ke atas, kamu akan mendapatkan spot foto yang instgramable banget.

3. Spot Foto Berbentuk Bintang

Spot foto berbentuk bintang Hutan Pinus Asri
Spot foto berbentuk bintang Hutan Pinus Asri (Foto : @avhand_explore)
Spot foto favorit lainnya yang tak kalah instagenic adalah sebuah tanah yang bagian bawahnya tersusun batuan yang di cat dan dibikin bentuk bintang. Disini kamu bisa berpose sendirian atau pun rombongan dengan masing-masing orang berada di ujung bintang.

pose gaya yang bagus di spot foto bintang Hutan Pinus Asri
Ilustrasi pose / gaya yang bagus di spot foto bintang Hutan Pinus Asri (Foto : IG alexa_jogja)

4. Rumah Spongebob

Rumah Spongebob Hutan Pinus Asri
Rumah Spongebob Hutan Pinus Asri (Foto : IG @ratihsukmaresi)
Bukan hanya di laut saja ada rumah spongebob, di hutan ini kamu juga akan menemukan rumahnya lho. Kamu bisa masuk ke dalam rumah berbentuk nanas ini lalu melihat keluar dari jendela. Sekedar berfoto di luarnya saja juga sudah asyik kok, apalagi kalau masuk ke dalamnya.

5. Rumah Kayu

Spot Foto Rumah Kayu
Spot Foto Rumah Kayu (Sumber : via IG @trisnoarybudi)
Rumah ini bukanlah rumah sungguhan, tapi hanya berupa bagian teras dengan latar pepohonan hijau. Warnana yang senada dengan lingkungan sekitar, membuat rumah kayu ini tampak cantik digunakan untuk lokasi berfoto.

Baca Juga : 7 Foto Keren Bukti Pintu Langit Dahromo Wajib Segera Kamu Jelajahi

6. Rumah Pohon

Spot Foto Rumah Pohon
Spot Foto Rumah Pohon (Sumber : IG @roh_kyt)
Ingin merasakan sensasi foto ala Kalibiru? Kamu bisa naik ke rumah pohon disini. Rumah pohonnya memang tak begitu tinggi, dengan sedikit trik berfoto, kamu bisa mendapatkan hasil seolah-olah sedang berada di ketinggian pohon dengan view panorama perbukitan hijau.

7. Spot Pohon Tanpa Daun

Spot foto pohon tanpa daun Hutan Pinus Asri
Spot foto pohon tanpa daun Hutan Pinus Asri (Sumber : IG @hendi_prayitno)
Spot inilah yang paling kece selain gardu pandang, yaitu berupa sebatang pohon menjulang tinggi di tepian tebing dengan view pemandangan indah perbukitan hijau. Buat kamu yang takut ketinggian, mending gak usah naik deh, karena cukup berbahaya, keselamatan tetap yang utama.

8. Spot Hammock Pohon Pinus

Hammock pohon pinus
Hammock yang dipasang di pohon pinus (Foto : via IG @pinusasri_karangasem)
Seperti pada umumnya, wisata hutan pinus memang asyik untuk bersantai menggunakan hammock. Kamu dapat membawanya dari rumah dan ikatkanlah di antara pohon-pohon pinus yang kuat. Maka, spot foto baru pun dapat tercipta sekaligus buat tempat santai menikmati kesejukan hutan.

9. Taman Bunga

Taman Bunga Hutan Pinus Asri
Taman Bunga Hutan Pinus Asri (Foto : IG @roh_kyt)
Spot foto selanjutnya berupa taman bunga dimana kamu bisa berfoto ditengah-tengahnya. Ambilah gambar ketika ada cahaya matahari, sehingga akan terkesan lebih natural / alami.

10. Patung Elang

patung Elang Hutan Pinus Asri
Ilustrasi naik Patung Elang di Hutan Pinus Asri (Foto : IG @aconk_van_houtten)
Yang paling gokil dan kece tentu saja berfoto naik patung elang di Hutan Pinus Asri. Lokasinya yang berada di tepian bukit, membuat foto kamu nampak nyata layaknya sedang naik elang sungguhan. Terbang mengitari langit yang luas.

spot foto patung Elang Hutan Pinus Asri
Pose / gaya berfoto keren di spot Patung Elang Hutan Pinus Asri (Foto : IG @hendi_prayitno)
Oya, bila kamu suka selfie dan narsis, ada juga tempat baru yang bisa kamu kunjungi di Kaliurang bernama The World Landmarks dengan aneka miniatur bangunan dunia. Kamu bisa keliling dunia hanya dengan 20 ribuan saja lho.

Lokasi Dan Alamat Hutan Pinus Asri Karangasem

Hutan Pinus Asri beralamat di Dusun Karangasem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya sekitar 1 km dari Hutan Pinus Mangunan ke arah timur, jadi kamu bisa mengunjungi 2 tempat menarik sekaligus disini. Peta lokasi bisa kamu lihat melalui google map di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Hutan Pinus Asri Karangasem

Sejauh ini, harga tiket masuknya masih gratis, kamu cuma bayar parkir kendaraan saja 3 - 10 ribuan. Tapi harga bisa berupah sewaktu-waktu lho, makanya buruan ke sini mumpung masih belum ditarik biaya retribusi.

Tips Berkunjung Ke Hutan Pinus Asri Karangasem

Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum menjelajahi hutan pinus ini agar mendapatkan ekspektasi sesuai keinginan, diantaranya adalah :

  • Siapkan kamera dan peralatan pendukungnya seperti tripod dan baterai cadangan
  • Persiapkan fisik yang prima
  • Bawalah bekal makanan, minuman, hammock, topi, tisu, dan kantong plastik untuk tempat sampah. Jadilah traveler yang cinta lingkungan.
  • Sebaiknya menggunakan motor agar lebih leluasa bertanya ketika tesesat di jalanan
  • Cek lokasi dan alamat pastinya melalui google maps atau pun bertanya kepada traveler lain yang sudah pernah datang ke sini.
  • Datanglah ketika pagi hari setelah subuh bila ingin mendapatkan spot sunrise cantik di gardu pandang.

Demikianlah info wisata terbaru tentang spot foto Hutan Pinus Asri yang sedang naik daun dikalangan wisatawan. Bila kamu punya kabar mengenai destinasi baru lainnya yang pernah kamu kunjungi, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Related Posts