10 Tempat Wisata Alam Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

shares

Tempat Wisata Alam Di Bandung - Ada berbagai tempat wisata alam di Bandung yang menarik untuk dikunjungi. Bandung memiliki keindahan alam yang begitu sempurna sehingga sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Tak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan Bandung sebagai destinasi liburan saat weekend.

Udaranya yang sejuk dan panorama alamnya yang indah membuat objek wisata di Bandung menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat setelah bekerja seharian. Bagi Anda yang ingin merasakan keindahan alam Bandung, Plesir Area telah menyiapkan 10 tempat wisata alam di Bandung yang indah mempesona, dari mulai wisata alam yang paling populer sampai yang belum terjamah.

Tempat Wisata Alam Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi Dan Menarik

1. Curug Malela Bandung

Curug Malela Bandung (Foto : surgatraveller.com)

Ini dia tempat wisata alam di Bandung yang belum terjamah dan jarang dikunjungi yaitu Curug Malela Bandung. Tidak ada banyak orang yang tahu bahwa Curug Malela ini adalah salah satu curug yang terindah di Bandung. Curug Malela yang dalam bahasa Indonesia berarti Air Terjun Malela, terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga – Gununghalu Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Curug Malela adalah salah satu wisata alam yang terbaik yang pernah ada. Selain udaranya yang sejuk, objek wisata alam Bandung ini juga menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan sangat sayang untuk dilewatkan. Perjalanan yang ditempuh juga akan menyajikan pemandangan yang sangat asri dan berbeda dari tempat wisata yang lainnya di Bandung.

Ciri khas dari curug yang satu ini adalah air terjun yang jatuh menjadi terpisah. Air terjun ini memiliki lima jalur dengan ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter. Jika Anda datang pada pagi hari sekitar pukul 8 hingga pukul 9 pagi, Anda bisa melihat pelangi atau katumbiri (dalam Bahasa Sunda) di badan curug. Hal inilah yang kemudian banyak orang menyebut air trejun ini sebagai air terjun pelangi atau Curug Katumbiri.

2. Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung (Foto : kawahputihciwidey.com)

Kalau yang ini termasuk tempat wisata alam di Bandung yang paling terkenal yaitu Kawah Putih Bandung atau sering disebut Kawah Putih Ciwidey. Kawah Putih terletak di Ciwidey, sebuah daerah di sebelah selatan Bandung. Berjarak sekitar 50 KM dari pusat kota Bandung, Kawah Putih dapat dicapai dengan mudah karena sudah ada jalan yang memadai untuk pengendara kendaraan pribadi, serta tersedia juga kendaraan umum bagi mereka yang tidak membawa kendaraan pribadi.

Kawah Putih menawarkan sebuah pengalaman menikmati tempat wisata alam di Bandung yang tiada duanya. Dengan udara yang dingin dilengkapi dengan pemandangan kawah bertanah putih, Kawah Putih Ciwidey tidak akan mengecewakan pengunjungnya. Selain itu, warna air yang ada di Kawah Putih juga dapat berubah-ubah seiring dengan perubahan cuaca dan suhu. Suasana unik juga dapat tercipta dari ketebalan kabut yang berubah-ubah setiap beberapa menit.

3. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu (Foto : novajourney.wordpress.com)

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang paling populer dan ramai pengunjung. Alasan dibalik ramainya tempat wisata alam ini adalah karena keindahan yang ditawarkannya, serta kemudahan untuk mencapai lokasi. Berlokasi hanya sekitar 20 KM di sebelah utara Bandung, Tangkuban Perahu adalah salah satu penyebab kemacetan di Lembang.

Bentuk gunung ini memanjang seperti sebuah perahu yang terbalik. Uniknya gunung ini memiliki tiga buah kawah yakni Kawah Upas, Kawah Domas, dan Kawah Ratu. Kawah Ratu adalah kawah yang paling besar sekaligus paling populer. Kawah-kawah yang ada di gunung Tangkuban Perahu sering dijadikan background foto pre-wedding oleh pasangan muda di Bandung yang hendak menikah.

Karena gunung ini masih aktif, Anda sangat disarankan untuk mengenakan masker ketika berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu untuk mencegah gas belerang masuk ke hidung. Jika Anda lupa membawa masker dari rumah, di tempat transit shuttle bisa Anda jumpai banyak penjual masker.

4. Situ Patenggang

Situ Patenggang (Foto : pariwisata4indonesia.wordpress.com)

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah salah satu objek wisata alam di Bandung yang terkenal, terutama bagi para pecinta danau. Asal nama danau Situ Patenggang adalah dari bahasa Sunda yang berarti ‘saling mencari’. Kata ‘saling mencari’ ini bukanlah kata sembarangan karena ada sebuah cerita yang mengatakan bahwa dulunya ada sepasang kekasih yang terpisah. Mereka saling mencari sampai akhirnya bertemu di tempat ini.

Menariknya, di Situ Patenggang terdapat sebuah pulau dengan bentuk hati. Pulau ini dinamakan sebagai Pulau Asmara, atau sering disebut juga dengan nama Pulau Sasaka. Selain itu, di danau ini juga terdapat sebuah batu yang disebut sebagai batu cinta.

Danau Situ Patenggang berlokasi di sebelah selatan Bandung, tidak jauh dari tempat wisata alam lainnya di Bandung, yaitu Kawah Putih Ciwidey. Karena lokasinya yang berdekatan, biasanya pengunjung akan mengunjungi kedua tempat wisata alam ini sekaligus dalam 1 hari.

5. Bukit Moko

Bukit Moko (Foto : ridwanbejo.wordpress.com)

Bukit Moko adalah tempat wisata alam di Bandung yang terbaik untuk bersantai sambil menikmati pemandangan pegunungan di Bandung. Tempat wisata alam yang disebut-sebut sebagai tempat tertinggi di Bandung ini selalu ramai dikunjungi warga Bandung dan sekitarnya setiap akhir pekan.

Di tempat ini, terdapat sebuah warung yang cukup terkenal dengan sebutan Warung Daweung. Warung ini bukan sembarang warung karena menawarkan pemandangan kota Bandung dari atas, dilengkapi dengan udara sejuk dan minuman hangat sehingga dengan cepat menjadi lokasi favorit warga Bandung untuk bersantai.

Untuk dapat mencapai Bukit Moko yang berlokasi di Desa Cimenyan, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang melintas di daerah ini. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati berkendara di jalur ini terutama pada saat hujan, karena jalan yang akan Anda lalui terjal dan berkelok-kelok.


6. Maribaya

Maribaya (Foto : initempatwisata.com)

Maribaya yang berlokasi di Lembang, kurang lebih sekitar 22 KM dari pusat kota Bandung, adalah sebuah tempat wisata alam yang terkenal dengan sumber mata air panas belerang. Seperti di Tirta Sanita Ciseeng, sumber mata air panas belerang di tempat wisata ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan juga dapat membuat kulit menjadi mulus.

Selain terkenal dengan mata air panasnya, tempat wisata alam di Bandung ini juga disukai karena menawarkan wisata alam lain berupa air terjun dan taman. Salah satu kegiatan wisata favorit di Maribaya selain berendam air panas alami adalah trekking.

7. Dago Pakar

Dago Pakar (Foto : surgatraveller.com)

Dago Pakar adalah satu tempat wisata alam di Bandung yang sudah sangat terkenal di Bandung, letaknya ada di sebelah utara kota Bandung di Jalan Ir. H. Djuanda. Dago Pakar menyajikan pemandangan alam yang indah karena tempat ini merupakan salah satu hutan yang masih bertahan di kota Bandung.

Kondisi udara di Dago Pakar sangat sejuk, dilengkapi dengan pemandangan indah pohon-pohon besar yang tumbuh rindang, memberikan suasana yang sangat tenang di sana. Di Dago Pakar anda juga bisa menikmati pemandangan kolam ikan yang besar yang terlihat natural.

Adanya Wisata Alam Dago Pakar ini bukan semata-mata digunakan untuk mendapatkan keuntungan finansial saja, karena selain dipakai sebagai tempat wisata, Dago Pakar juga digunakan sebagai tempat konservasi flora dan fauna di kota Bandung. Dan juga sebagai tempat pendidikan dan penelitian botani, serta tempat rekreasi alam terbuka.

8. Situ Lembang

Situ Lembang (Foto : tempatpariwisataindonesia.com)

Tempat wisata alam di Bandung yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Situ Lembang. Situ Lembang sebenarnya adalah sebuah danau buatan biasa. Namun karna lokasinya dikelilingi oleh pegunungan maka suasana di danau ini terasa berbeda yaitu alami dan menyegarkan.

Berada di danau ini kamu akan serasa berada di danau Ranu Kumbolo gunung Semeru. Lokasi danau ini berada pada ketinggian 1.567 mdpl. Untuk yang memiliki hobby memancing, Situ Lembang adalah tempat yang sangat pas untuk memuaskan hobby tersebut.

Air yang ada di danau ini berasal dari aliran sungai Cimahi dan beberapa sumber lainnya. Dari pinggiran danau ini Anda bisa menyaksikan keindahan pemandangan Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu. Situ Lembang juga tempat yang asyik untuk menyepi dan mencari inspirasi.

9. Taman Hutan Jaya Giri

Taman Hutan Jaya Giri (Foto : yukpiknik.com)

Penggemar hiking tak boleh melewatkan tempat wisata alam di Bandung yang satu ini saat sedang di Lembang. Hutan Jayagiri ini merupakan sebuah jalur pendakian ke Gunung Tangkuban Perahu. Mereka yang hobby hiking biasanya lebih memilih trekking melalui jalur ini ketika hendak ke Gunung Tangkuban Perahu

Hutan Jayagiri dipenuhi oleh pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Trekking di hutan Jaya Giri merupakan pilihan wajib bagi Anda yang suka naik gunung. Hutan ini juga sering dijadikan medan mountain biking karena tracknya sangat menantang. Trekking di hutan Jayagiri akan menjadi pengalaman yang seru apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Pasti bakalan memorable banget.

10. Tebing Keraton

Tebing Keraton (Foto : travel.detik.com)

Tebing Keraton di Bandung memang sungguh indah. Jika berkunjung saat pagi hari, kabut masih terlihat menyelimuti tebing ini. Indahnya bagaikan negeri di atas awan! Ingin menghabiskan akhir pekan di Bandung tapi tak mau kena macet? Silahkan berkunjung ke Tebing Keraton. Inilah salah satu lokasi wisata alam yang belum lama ini jadi mainstream di kalangan pelancong.

Selayaknya wisata alam di Bandung yang lainnya, di tebing Keraton ini pengunjung pasti berfoto dengan latar belakang hutan pinus dan perbukitan dengan berbagai gaya. Pose yang paling populer adalah berdiri di atas batu yang berada di tepi jurang. Tapi ingat! Harus tetap hati-hati, keamanan nomor satu. Saat yang tepat memang pagi hari karena langsung berhadapan dengan matahari dan seolah kita menyambut kehadirannya.

Jika Anda datang di sore hari, maka Anda akan “mati gaya” karena sunset tidak dapat dinikmati karena tertutup pepohonan dan gunung di wilayah Dago atas ini. Wisata ke Tebing Keraton adalah kegiatan aktivitas pagi hari untuk menikmati panorama alam yang indah di kota Bandung. Tebing Keraton berada di kawasan taman hutan raya (Tahura) di wilayah Dago atas Bandung.

Bagiamana? Indah dan mempesona bukan wisata alam Bandung? Yuk, buruan atur rencana untuk menelusuri aneka tempat wisata alam di Bandung yang sejuk, indah, dan mempesona memikat hati. Oya, jika Anda punya info tempat wisata alam di Bandung yang wajib dikunjungi lainnya, silahkan bisa share lewat kolom komentar, terima kasih.

Related Posts