37 Tempat Wisata Baru Terindah Di Bali Selain Pantai Yang Hits

shares

Tempat Wisata Di Bali - Sobat traveler, kali ini saya akan membagikan info tentang tempat wisata baru terindah di Bali selain pantai yang lagi hits dikalangan wisatawan. Pesona Pulau Dewata bukan hanya sebatas pasir putih dan ombak laut biru, namun ada sejumlah keindahan alam yang layak untuk kamu kunjungi.

Buat kamu yang bosan dengan objek wisata pantai yang itu-itu saja, saatnya menjelajahi berbagai sudut pulau Bali yang masih sangat jarang dikunjungi oleh traveler. Mulai dari air terjun, perbukitan hijau, hingga kebun bunga cantik nan romantis, bisa kamu nikmati disini.

Daftar Tempat Wisata Baru Terindah Di Bali Selain Pantai Yang Hits

1. Pura Ulun Danu Bedugul

tempat wisata di bali
Ilustrasi tempat wisata di Bali yaitu Pura Ulun Danu (Foto : restroomrevelations.blogspot.co.id)
Siapa seh yang tak kenal dengan pura ini? Pura Ulun Danu merupakan objek wisata di Bali paling populer bahkan menjadi salah satu ikonnya pulau Dewata. Berada di area pura ini akan membuat kamu merasakan kesejukan alam dengan ditemani pemandangan cantik.

Lokasi Pura Ulun Danu Beratan terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Lebih tepatnya di tepi Danau Beratan dekat pegunungan Bedugul. Hawa sejuk di sekitar pura ini tak lain karena memang letaknya berada pada ketinggian sekitar 1.239 meter di atas permukaan laut.

Pura Ulun Danu
Ilustrasi salah satu spot bagus di Pura Ulun Danu Bedugul (Foto : IG @saltinourhair)
Harga tiket masuk Pura Ulun Danu bisa dibilang sangat murah sekitar Rp.7.500,- s/d Rp.10.000,-. Fasilitasnya pun cukup lengkap dengan tersedianya tempat parkir, tempat makan, dan toilet. Jangan lupa mengabadikan pura yang instagenic ini dengan lensa kamera kamu.

2. Desa Munduk

tempat wisata terindah di bali
Tempat wisata terindah di Bali Desa Munduk (Foto : IG @mdbakta_kardana)
Untuk menikmati sunset yang indah, kamu tak harus pergi ke pantai. Di Desa Munduk, Buleleng kamu juga bisa menikmati matahari terbenam dengan pemandangan yang mengagumkan. Datanglah ketika sore hari yang cerah, agar kamu bisa menjumpai sang surya menuju ke peraduannya.

Sekilas, tempat ini mirip dengan Desa Wisata Kalibiru yang merupakan ikonnya tempat wisata Kulon Progo Yogyakarta. Disini, kamu akan bisa melihat pemandangan alam melalui gardu pandang atau rumah pohon dengan latar Danau Buyan.

3. Bukit Guungan Candidasa


tempat wisata di bali selain pantai
Ilustrasi tempat wisata di Bali selain pantai yaitu Bukit Guungan Candidasa (Foto : IG @ikays)
Tak hanya Bandung dan Jogja yang punya sejumlah destinasi wisata dengan pemandangan perbukitan hijau, Pulau Bali juga ada lho! Namanya Bukit Guungan Candidasa. Di perbukitan ini, kamu akan disuguhi panorama alam yang keren banget. Waktu yang pas kesini adalah pagi atau pun sore hari.

Untuk menuju ke Bukit Guungan Candidasa memang agak susah aksesnya bila menggunakan mobil. Kamu nanti bisa parkir kendaraan di sekitar pura yang tak jauh dari bikit lalu jalan kaki kurang lebih 15 menit untuk tiba di lokasi. Tiket masuk cukup murah meriah hanya sebesar Rp.5.000,- rupiah.

4. Danau Buyan Wanagiri

tempat wisata alam di bali
Ilustrasi tempat wisata alam di Bali Puncak Danau Buyan Wanagiri (Foto : IG @erytriana_jie)
Buat kamu yang sedang mencari tempat bulan madu romantis di Bali maka tak ada salahnya mencoba berlibur ke Danau Buyan Wanagiri, Bedugul. Disini kamu bisa menikmati panorama indah Danau Buyan yang sejuk dan tenang.

Kamu juga bisa nyobain ayunan yang dikaitkan di pohon besar dimana kamu bisa mengabadikan foto kekinian ala anak-anak instagram. Kalau takut ketinggian, gak usah kuatir, kamu masi bisa foto di anjungan dengan tiket masuk yang murah meriah hanya 5 ribu rupiah.

Untuk menuju Danau Buyan tidaklah sulit, kamu tinggal menuju ke arah Bedugul. Ketika sudah sampai di puncak Bedugul, kamu belok kiri ke jalur Gobleg searah dengan menuju Air Terjun Banyumalas. Lokasi danau ini persis ada di sebelah kiri jalan.

5. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan
Danau Tamblingan (Foto : IG @yuda_pradana)
Kawasan Buleleng memang terkenal sebagai salah satu surganya keindahan wisata alam di Bali yang eksotis. Selain bisa melihat gunung Batur, Danau Buyan dan Danau Beratan, kamu juga akan di suguhi keelokan Danau Tamblingan.

Bila kamu kesini, maka sewalah kano tradisional untuk mengelilingi danau Tamblingan sambil melihat pemandangan hutan yang cantik dihiasi pepohonan raksasa. Oya, daerah Danau Tamblingan juga populer akan strawberrynya, jadi jangan lewatkan untuk mencicipinya.

6. Jatiluwih Rice Terrace

Jatiluwih Rice Terrace
Jatiluwih Rice Terrace (Foto : gedebalicheapdriver.com)
Jatiluwih Rice Terrace Tabanan Bali merupakan area persawahan yang memiliki keindahan terasering terbaik di dunia bahkan dilindungi oleh UNESCO. Pemandangan sawah hijau yang berundak-undak seperti tangga sungguh akan membuat siapa pun kagum.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Jatiluwih adalah sebelum panen, yaitu ketika padi masih berwarna hijau cerah. Bila kamu akan berkunjung kesini, pastikan membawa sandal yang tidak licin agar nyaman tidak terpeleset.

7. Desa Tenganan

Desa Tenganan
Desa Tenganan (Foto : IG @so_nantes)
Buat kamu yang sedang mencari tempat wisata unik di Bali dengan pemandangan yang indah, coba deh berkunjung ke Desa Tenganan, Karangasem. Desa ini memang cukup terpencil namun punya keunikan sendiri yang tak dimiliki oleh desa-desa lainnya.

Selain kamu bisa menyaksikan hamparan pemandangan sawah nan hijau, kamu juga bisa melihat kehidupan warga Bali, seperti jaman dahulu kala. Para warga atau penduduk bekerja di sawah atau ladang, dan pembayaran antar warga disini cenderung masih menggunakan sistem barter dari pada menggunakan uang.

Jika kamu mau berkunjung ke sini, sebaiknya datang pada bulan Juni. Hal ini karena ada upacara pesta adat Perang Pandan yang di laksanakan setiap tahun sekali.

8. Secret Garden Sambangan

tempat wisata di bali yang hits
Ilustrasi tempat wisata di Bali yang hits yaitu Secret Garden Sambangan (Foto : IG @captain_potter)
Ini dia tempat wisata tersembunyi di Bali yang indah dan belum terjamah oleh banyak wisatawan, namanya Secret Garden Sambangan. Lokasinya berada di desa Sambangan, Sukasada, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Tak dapat dipungkiri, kawasan Bali Utara memang kaya akan keindahan alam mulai dari air terjun hingga secret garden yang cantik ini. Airnya yang segar dan jernih kebiru-biruan membuat siapun ingin segera bermain air.

Kamu bisa berenang, berendam, dan foto-foto di Secret Garden Sambangan. Namun, buat kamu yang gak bisa berenang lebih baik menikmati pemandangan disini dari pinggir sambil mengabadikan momen dengan lensa kamera. Sebaiknya datang saat cuaca cerah, bukan musim penghujan agar mendapatkan air yang jernih.

Untuk menuju lokasi, kamu harus trekking berjalan kaki sekitar 30 menit. Selama perjalanan, kamu akan disuguhi area sawah dan perkebunan. Persiapkan tenaga yang ekstra beserta bekal makanan atau minuman sebelum kesini. Jangan lupa bawa pemandu biar gak kesasar ya!

9. Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati
Pura Taman Saraswati (Foto : IG @mahakemala)
Pura merupakan salah satu tempat wisata menarik yang paling populer di Bali. Pura sebenarnya digunakan untuk ibadah umat hindu. Namun, ada beberapa pura yang bisa dikunjungi oleh wisatawan dengan catatan tetap menjaga aturan norma adat / sopan santun yang berlaku.

Ada banyak sekali pura yang dapat kamu temui disini. Karena saking banyaknya, sampai-sampai Bali dikenal dengan sebutan pulau seribu pura. Nah, salah satu pura unik yang wajib kamu kunjungi adalah Pura Taman Saraswati di Ubud.

Keunikan pura ini terletak pada banyaknya bunga teratai indah yang berada di kolam. Disini kamu juga bisa melihat pementasan tari kecak setiap hari Selasa dan Kamis dengan tiket masuk 75 ribu rupiah per orang.

10. Desa Pinggan

Desa Pinggan
Desa Pinggan (Foto : IG @wahego)
Untuk menikmati sunrise atau sunset indah di Bali gak harus berkunjung ke pantai lho. Ada neh tempat baru untuk mengejar matahari terbit yaitu Desa Pinggan, area Kintamani, Bangli. Kamu bisa melihat keindahan sunrise dengan pemandangan kabut disini, cantik banget!

Suhu udara disini memasuki bisa mencapai sekitar 16-18 derajat celcius, dingin banget! Jadi, jangan sampai lupa untuk memakai jaket, celana panjang dan sepatu. Waktu terbaik untuk berkunjung yaitu ketika di bulan September - November saat cuaca cerah gak hujan.

Kamu harus berada di lokasi jam 5 pagi untuk menyaksikan sunrise terbaik di pulau Bali ini. Jadi sebaiknya kamu menginap di sekitar Kintamani agar tidak terlambat datang kesini. Untuk tiket masuk menikmati matahari terbit di Desa Pinggan saat ini masih gratis.

11. Air Terjun Wana Ayu

Air Terjun Wana Ayu
Air Terjun Wana Ayu (Foto : IG @maahardika)
Air Terjun Wana Ayu merupakan satu dari deretan air terjun terbaik di Bali yang wajib kamu kunjungi. Lokasinya berada Desa Padang Bulia, Buleleng, Bali Utara. Tak begitu sulit untuk mencapai objek wisata alam ini, kamu tinggal tanya kepada warga sekitar saja.

Airnya yang jernih dan segar, akan membuat kamu betah berlama-lama disini. Kolam dibawah air terjun juga tampaknya tak begitu dalam, hanya sepinggang orang dewasa dalamnya. Kamu bisa puas bermain air dan berendam untuk menghilangkan lelah setelah menempuh perjalanan.

Untuk tiket masuknya sangatlah murah bahkan bisa gratis karena cukup dengan memberikan uang sukarela saja. Mengingat jalannya yang terjal licin, kamu perlu berhati-hati dan menyiapkan tenaga ekstra. Oya, pemandangannya sangat instagramable banget, jadi jangan sampai lupa untuk foto-foto ya!

12. Desa Sobangan

Desa Sobangan
Desa Sobangan (Foto : IG @enisuriadi)
Buat kamu yang sedang mencari tempat wisata romantis di Bali dengan hamparan bunga warna warni nan indah, cobain deh berkunjung ke Desa Sobangan di Mengwi. Lokasinya bisa kamu tempuh dalam waktu 2 jam perjalanan.

Keindahan alam yang berupa hijaunya persawahan dan bunga cantik yang berwarna-warni akan menyambut kedatangan kamu. Jangan lupa untuk foto selfie kekinian ala anak-anak IG (baca : instagram) dengan latar kebun bunga.

13. Air Terjun Munduk

Air Terjun Munduk
Air Terjun Munduk (Foto : IG @alexrobyyy)
Tempat wisata alam terindah di Bali yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah  Air Terjun Munduk di Singaraja. Untuk menuju lokasi, kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Denpasar.

Dengan ketinggian sekitar 20 meter dan air jatuhnya yang searah, membuat Air Terjun Munduk tampak cantik dan eksotis untuk dinikmati. Airnya sejuk dan dingin, membuat kamu ingin berlama-lama bermain air disini.

Di area sekeliling air terjun, ada banyak pepohonan cengkeh, coklat dan kopi karena desa dimana air terjun ini berada memang dikenal sebagai komoditi perkebunan.

14. Munduk Moding Plantation
Munduk Moding Plantation
Munduk Moding Plantation (Foto : IG @felgra_photography)
Desa Munduk yang terletak di Buleleng, Singaraja, nampaknya saat ini sedang naik daun dikalangan traveler. Selain asri dan sejuk, desa ini menyimpan banyak sekali keindahan alam maupun resort yang jarang diketahui oleh wisatawan.

Nah, salah satu resort yang wajib kamu kunjungi adalah Munduk Moding Plantation yang berada di tengah-tengah perkebunan. Jadi, kamu bisa merasakan sensasi menginap dengan dikelilingi oleh keindahan alam berupa sawah, perkebunan kopi, dan hutan yang lebat.

Kamu bisa berendam di jacuzzi sambil menikmati pemandangan Gunung Batur, Danau Buyan dan Tamblingan yang diselimuti kabut sejuk! Untuk budget, sediakan saja uang sekitar 2 jutaan bila ingin menginap disini dalam satu malam. Oya, Munduk Moding Plantation juga masuk dalam daftar hotel romantis di Bali untuk honeymoon yang recommended.

15. Desa Pejukutan

Desa Pejukutan
Desa Pejukutan (Foto : IG @kamabtara)
Buat kamu yang ingin menikmati keindahan banyaknya pohon kelapa dari ketinggian, cobain deh datang ke desa Pejukutan di Nusa Penida. Untuk menuju desa ini, kamu bisa menggunakan motor atau pun mobil. Jalannya cukup baik, namun kamu tetap harus di dampingi guide/pemandu.

16. Tegalalang, Gianyar

Tegalalang Gianyar
Tegalalang, Gianyar (Foto : IG @tiniihitakara)
Selain Jatiluwih, ada satu lagi persawahan terasering yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Bali, yaitu Tegalalang, Gianyar. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Ubud.

Tak hanya bisa menyaksikan keindahan panorama berupa sawah bertingkat, kamu juga bisa mampir ke cafe di sepanjang jalan di Tegalalang. Menikmati makanan dan minuman sambil ditemani pemandangan alam nan indah tentu akan memiliki kesan tersendiri bukan?

Oya, Tegalalang juga terkenal sebagai salah satu pusat kerajinan tangan dan lukisan lho! Jadi, kalau ke sini jangan lupa mampir membeli oleh-oleh khas Bali di art shop sepanjang jalan Tegalalang.

17. Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul
Danau Beratan Bedugul (Foto : IG @keepeyesopen)
Kamu sedang mencari tempat wisata menarik di Bali yang paling terkenal selain pantai? Danau Beratan di Bedugul lah pilihannya. Keindahan Danau Beratan sudah tak perlu diragukan lagi.

Selain udaranya sejuk, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan disini mulai dari parasailing, sepeda air hingga bermain kano. Kamu juga bisa mampir ke Pura Ulun Danu karena masih satu lokasi dengan danau ini.

Untuk menikmati kecantikan Danau Beratan, kamu harus membayar tiket masuk seharga sekitar 20 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 15 ribu rupiah untuk anak-anak.

Apabila kamu ingin mengambil foto/gambar yang bagus, maka sebaiknya datang saat pagi hari cuaca cerah. Hal ini karena saat sore hari biasanya danau berkabut dan hujan.

Baca Juga : 49 Pantai Baru Tersembunyi Di Bali Yang Paling Bagus Dan Indah

18. Bukit Mende

tempat wisata baru di bali
Ilustrasi tempat wisata baru di Bali yaitu Bukit Mende (Foto : IG @adivirgia)
Pulau Bali memang memiliki banyak tempat wisata indah yang masih tersembunyi dan jarang dikunjungi oleh para turis. Salah satunya adalah Bukit Mende di Desa Subaya, daerah Kintamani.

Bukit Mende menyuguhkan keindahan alam yang keren dan eksotis. Kamu akan bisa menyaksikan tiga pemandangan alam cantik sekaligus.

Di sebalah utara bukit, kamu akan disuguhi birunya lautan Tejakula, Buleleng. Di arah sebelah timur, kamu bakal bisa melihat keindahan terasering. Sedangkan di bagian barat terdapat pemandangan hijaunya pegunungan.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat indahnya sunset dari perbukitan ini. Untuk menuju Bukit Mende, kamu harus ekstra hati-hati dalam menggunakan motor karena jalannya relatif sempit dan ada jurang disampingnya. Jangan lupa untuk mengakses rute jalan melalu google maps.

19. Bukit Campuhan

Bukit Campuhan
Bukit Campuhan (Foto : IG @victorvt)
Bukit Campuhan merupakan salah satu tempat bulan madu terbaik di Indonesia yang paling populer. Keindahan panorama alam disini mampu menyejukkan mata dan menghilangkan rasa lelah. Kamu akan disuguhi sebuah trek jalan setapak sepanjang 2 km.

Untuk mendapatkan suasana romantis dan nyaman, sebaiknya kamu mulai menyusuri bukit saat dini hari (lebih baik sebelum matahari terbit) agar perjalanan kamu tidak terganggu oleh panasnya cahaya matahari.

Bagaimana dengan rute jalan menuju Bukit Campuhan? Kamu bisa memulai perjalanan dengan memarkirkan kendaraan terlebih dahulu di Jl. Campuhan. Lalu setibanya di Jembatan Campuhan, ambil jalur di sebelah kanan yang mengarah ke Pura Gunung Lebah.

Nah, dari tempat itu kamu bakal menemukan jalan setapak yang akan membawa kamu ke Campuhan Ridge Walk. Karena kamu akan trekking, sebaiknya menggunakan pakaian simpel dan sepatu olah raga. Jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman.

20. Gunung Batur

Gunung Batur
Gunung Batur (Foto : IG @justinwoodman)
Tak kalah dengan pariwisata Jogja yang menyuguhkan keindahan Gunung Merapi dan Gunung Api Purba Nglanggeran, Pulau Bali juga punya objek wisata gunung yang cantik. Namanya Gunung Batur di daerah Kintamani.

Gunung Batur termasuk salah satu dari 91 Global Geopark di seluruh dunia yang mempunyai kaldera dan danau super indah. Untuk mendapatkan keindahan sunrise gunung ini, kamu mungkin harus mendaki mulai dini hari dengan bantuan pemandu/guide.

Kamu cukup trekking selama 1,5 - 2 jam agar bisa mencapai puncak Gunung Batur, karena jaraknya hanya sekitar 1. 717 m. Jangan lupa untuk mengabadikan moment matahari terbit yang sangat cantik!

21. Warung Baling Baling

 Warung Baling Baling
Warung Baling Baling (Foto : IG @kadekarini)
Sarapan dan minum teh hangat sambil menikmati pemandangan Gunung Batur tentu akan sangat menyenangkan bukan? Nah, kamu bisa lho melakukan hal itu di Warung Baling Baling. Resto ini bisa menjadi alternatif tempat nongkrong di Bali yang recommended.

22. Banjar Antugan, Desa Jehem, Bangli

Banjar Antugan
Banjar Antugan (Foto : IG @idabagusekam)
Bila kamu ingin membuktikan bahwa keindahan pulau Bali bukan hanya pantai, maka sebaiknya kamu mencoba mengunjungi Banjar Antugan, Desa Jehem, di daerah Bangli. Disini kamu akan menemukan panorama hutan yang cantik mempesona.

Tak hanya itu, kawasan Bangli juga memiliki objek wisata alam lainnya yang patut dikunjungi seperti Danau Batur, Air Terjun Dusun Kuning dan Air panas Penelokan. Jadi, satu kali perjalanan kamu akan bisa mengunjungi beberapa destinasi sekaligus.

23. The Lawn Canggu

The Lawn Canggu
The Lawn Canggu (Foto : IG @piuscardia)
Ini dia tempat melihat sunset terindah di Bali terbaru yang lagi hits akhir-akhir ini, namanya The Lawn Canggu. Disini kamu bisa menikmati kecantikan matahari terbenam dengan duduk di karpet rotan yang menghampar diantara rerumputan hijau.

Kamu bisa bersantai sambil ngemil dan minum lho gaes! Harganya juga relatif murah terjangkau, kamu cukup mengeluarkan uang sekitar 25 - 100 ribu rupiah untuk bisa menikmati sunset disini.

24. Gunung Agung

Gunung Agung
Gunung Agung (Foto : IG @okabrawidaa)
Gunung Agung merupakan gunung tertinggi di Pulau Bali yang menjadi destinasi favorit wisatawan pecinta alam. Keindahan gunung ini tak kalah eksotis bila dibandingkan dengan Gunung Rinjani, ikon wisata Lombok yang paling populer.

Dengan ketinggian mencapai sekitar 3,142 mdpl, maka dari atas puncak Gunung Agung kamu dapat menyaksikan hamparan awan yang indah memukau. Namun, untuk mendaki ke puncak, kamu harus menyiapkan diri dengan sangat baik.

Suhu di puncak Gunung Agung konon bisa mencapai 10 derajat celcius. Jadi, kamu harus siap-siap memakai baju hangat sebagai penahan dingin. Untuk waktu tempuh naik turun akan memakan waktu sekitar 15 - 20 jam. Benar-benar membutuhkan fisik yang prima dan fresh.

25. Hidden Canyon Beji Guwang

Hidden Canyon Beji Guwang
Hidden Canyon Beji Guwang (Foto : IG @dediisuwardi)
Banyak sekali objek wisata tersembunyi di Bali yang belum terjamah oleh wisatawan. Diantaranya adalah Hidden Canyon Beji Guwang di dekat Pura Beji Guwang, Sukawati, Gianyar. Spot destinasi baru ini berupa lembah dengan bentuk yang unik dan khas.

Untuk menuju lokasi, kamu harus berani berjalan melewati sungai dengan dasar seperti lumpur hisap. Batuan licin juga akan kamu lalui sebelum mencapai Hidden Canyon Beji Guwang, jadi perlu sangat ekstra hati-hati. Jagalah pula sopan santun, mengingat tempat ini disakralkan oleh penduduk sekitar.

26. Tebing Hijau Undisan

Tebing Hijau Undisan
Tebing Hijau Undisan (Foto : IG @iwwm)
Satu lagi tempat wisata baru di Bali selain pantai yang lagi ngehits yaitu Tebing Hijau Undisan di Undisan, Bangli. Lokasinya tidak terlalu jauh dari air terjun Tangkup yang terletak di sebelah utara tebing ini.

Kamu harus ekstra berjuang untuk bisa mencapai lokasi karena akses jalannya belum memadai. Namun selama perjalanan kamu akan disuguhi dengan pemandangan sawah, hutan dan jurang. Keunikan tebing ini terletak pada dindingnya yang berwarna hijau ditumbuhi lumut.

27. Bali Pulina Agrowisata

Bali Pulina Agrowisata
Bali Pulina Agrowisata (Foto : IG @amberjeanette)
Bila kamu berkunjung ke Tegalalang, jangan lupa mampir juga ke tempat wisata baru di Ubud yang lagi hits yaitu Bali Pulina Agrowisata.

Di tempat ini, kamu bisa melihat proses penggilingan biji kopi sampai bisa dikonsumsi. Tak hanya itu, kamu juga berkesempatan melihat dan berinteraksi dengan binatang luwak yang menghasilkan kopi luwak. Bagi para penggemar kopi tentu tahu apa itu kopi luwak yang populer di seluruh dunia.

Untuk masuk kesini, kamu perlu budget sekitar 100 ribu rupiah. Dengan harga tiket masuk segitu, kamu sudah bisa berkeliling komplek Bali Pulina Agrowisata dan mengenal berbagai macam contoh kopi dari jahe, ginseng, vanilla, kokoa, serta lainnya.

Kamu juga bisa menikmati secangkir kopi luwak yang enak lho, dengan harga sekitar 50 ribu rupiah. Oya, bagi kamu yang hobby selfie, jangan lewatkan mengabadikan sebuah spot cantik di sini berbentuk daun yang menjorok ke tebing. Dari atas tempat ini kamu bisa melihat pemandangan hutan dan perbukitan.

28. Air terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling
Air Terjun Aling-Aling (Foto : IG @agusm123)
Kalau kawasan wisata Bali Selatan terkenal akan keindahan pantai pasir putihnya yang eksotis, maka kawasan Bali Utara populer akan kecantikan air terjunnya. Salah satu air terjun terindah yang wajib kamu kunjungi di area ini adalah Air terjun Aling-Aling.

Air terjun Aling Aling terletak di desa Sambangan yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dari pantai Lovina, Singaraja. Bisa dibilang, Aling-Aling temasuk air terjun tertinggi di kawasan ini.

Dengan dikelilingi oleh hutan rimba hijau yang sangat asri, udara yang segar, kolam air terjun yang bersih dan jernih sekali, menjadikan Air terjun Aling-Aling layak dijadikan objek wisata unggulan pulau Bali. Satu lagi, selain bermain air kamu juga bisa berfoto dengan latar air terjun yang instagramable banget!

29. Telaga Waja Rafting

Telaga Waja Rafting
Telaga Waja Rafting (Foto : IG @bangkitbangkiit)
Tak hanya pariwisata Bogor yang punya destinasi arung jeram keren, pulau Bali juga ada lho! Cobain deh menikmati sensasi rafting di Sungai Telaga Waja daerah Karangasem. Dengan panjang lintasan mencapai 16 km, Telaga Waja akan menyuguhkan kamu dengan arus kecepatan jeram grade 3 dan 4 yang lumayan deras.

Selama mengarungi sungai, kamu akan dapat menyaksikan pemandangan petak petak sawah, hutan, hingga menerjuni air terjun dam setinggi 5 meter! Seru dan asyik bukan? Biaya bermain rafting di sini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 230.000,-.

30. Tukad Unda

Tukad Unda
Tukad Unda (Foto : IG @haruelrovix)
Buat kamu yang akan melangsungkan pernikahan, ada neh tempat baru yang bagus untuk prewedding di Bali yaitu Tukad Unda di daerah Klungkung. Tukad Unda merupakan aliran sungai yang yang memiliki terap air 2 tingkat.


foto prewedding di tukad unda
Ilustrasi foto prewedding di Tukad Unda (via IG @bobbykiranyeo)
Nah, dikarenakan cukup lebar, maka aliran air yang deras disini menyerupai tirai air yang cantik. Kondisi udara yang segar dan sejuk, serta air yang cukup jernih menjadikan tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan.

31. Mara River Safari Lodge

Mara River Safari Lodge Gianyar
Mara River Safari Lodge Gianyar (Foto : IG @balisafari)
Pulau Bali merupakan salah satu ikon wisata Indonesia yang paling terkenal di seluruh negara-negara dunia. Tak hanya mengandalkan keindahan alam dan pantai pasir putihnya, Bali juga mempunyai objek wisata yang asyik dan seru untuk liburan anak dan keluarga seperti Bali Bird Park, Bali Safari & Marine Park, serta waterboom.

Nah, buat kamu yang ingin merasakan rekreasi unik yang anti mainstream, cobain deh menginap di Mara River Safari Lodge. Penginapan yang berada di kebun binatang Bali Safari & Marine Park ini memiliki desain rumah model afrika.

Di sini, kamu akan dapat merasakan seolah-olah sedang tinggal di pelataran rimba afrika. Mengapa demikian? Karena di taman belakang hotel unik di Bali ini terdapat berbagai hewan seperti zebra dan badak. Kamu juga bisa makan di resto yang berada di samping kandang singa. Keren bukan?

32. The Monkey Bar at Bella Vista

The Monkey Bar at Bella Vista
The Monkey Bar at Bella Vista (Foto : IG @radnya)
Satu lagi tempat wisata baru di pulau Bali yang lagi hits di Instagram, namanya The Monkey Bar at Bella Vista. Lokasinya lumayan jauh berada di daerah Klungkung. Dari jalan Ida Bagus Mantra, kamu harus cari dulu jalan Gunaksa. Lalu arahkan ke jalan Pura Puseh.

Kamu ajib menyiapkan budget sekitar 100 ribu rupiah untuk mendapatkan makan siang seperti nasi goreng, pizza, mie goreng, dan tentu saja berenang di kolam dengan pemandangan yang cantik.

33. Bukit Cinta, Karangasem

Bukit Cinta Karangasem
Bukit Cinta Karangasem (Foto : IG @wahyu_wt)
Menyongsong kecantikan matahari terbit tak harus pergi ke pantai Sanur. Kamu bisa mencoba spot sunrise baru di Bukit Cinta, Desa Juwuk Manis, Karangasem.

Disini kamu akan disuguhi sunrise indah nan eksotis dengan latar Gunung Agung serta pemandangan sawah tradisional Bali yang mempesona. Bukit ini bisa diakses sekitar 3 - 4 jam perjalanan dari Denpasar, jadi kamu sebaiknya datang pagi-pagi sebelum mentari muncul.

34. Air Terjun Goa Rangreng

Air Terjun Goa Rangreng
Air Terjun Goa Rangreng (Foto : IG wahyu_wt)
Buat kamu yang sedang sedang menjelajahi sejumlah objek wisata di Gianyar Bali, jangan sampai melewatkan Air Terjun Goa Rangreng. Jika kamu berkunjung ke sini, maka kamu akan bisa menikmati air terjun sekaligus keindahan Goa Rangreng.

Agar kamu bisa mendapatkan suasana yang nyaman dan sepi, datanglah agak pagi. Kamu harus tetap ekstra berhati-hati karena bebatuan disini lumayan licin. Untuk harga tiket masuknya murah meriah, hanya 5 ribu rupiah per orang.

35. Sacred Monkey Forest

Sacred Monkey Forest
Sacred Monkey Forest (Foto : IG @7vensuns)
Indonesia memang kaya akan tempat menarik yang menawarkan interaksi dengan hewan liar, terutama kera. Beberapa contoh objek tersebut antara lain Goa Kreo di kawasan wisata Semarang Jawa Tengah, air tejun Grojogan Sewu Karanganyar,
Sangeh dan Sacred Monkey Forest.

Diantara keempat destinasi itu, bisa dibilang Sacred Monkey Forest-lah yang paling populer di kalangan wisatawan dunia. Hutan cagar alam ini dihuni oleh 4 kelompok monyet/kera berekor panjang. Hewan disini relatif jinak dari pada di Sangeh.


Ubud Monkey Forest
Ilustrasi kera jinak di Ubud Monkey Forest (Foto : IG @captain_potter)
Namun, sebaiknya kamu tidak membawa barang-barang berharga dan makanan saat memasuk hutan ini. Hal ini tentu untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Oya, selain pemandangannya indah alami, terdapat pula pura sehingga kamu harus tetap menjaga kesopanan.

36. Padang Bunga Kasna

Padang Bunga Kasna
Padang Bunga Kasna (Foto : IG @gustindra)
Bali memang tak mendapat julukan sebagai kota Bunga, namun jangan salah gaes, disini ada juga lho kebun bunga Edelweiss yang indah dan cantik. Namanya Padang Bunga Kasna yang terletak di Desa Temukus, Karangasem.

Konon kabarnya seh tanaman bunga disini awalnya hidup secara liar, lalu kemudian dibudidayakan oleh masyarakat sekitar. Walaupun tak diperuntukkan untuk wisata, keindahan tanaman disini tak kalah romantis dengan bunga-bunga di Kebun Begonia yang menjadi ikon wisata Bandung bagian barat.

Untuk menuju lokasi, kamu harus menempuh perjalanan sekitar satu jam dari kota Denpasar. Jadi, setelah kamu menjelajahi aneka objek wisata di Denpasar maka bisa melanjutkannya ke Padang Bunga Kasna ini. Oya, sebaiknya kamu memakai motor karena jalannya sempit, hanya bisa dilalui satu mobil.

37. Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung
Air Terjun Tukad Cepung (Foto : IG @erytriana_iie)
Tak hanya aneka tempat wisata di Malang yang kaya akan air terjun indah, pulau Bali juga punya sederet air terjun / curug nan elok. Diantaranya adalah Air Terjun Tukad Cepung di Tembuku, Bangli.

Air terjun yang lagi hits di instagaram belakangan ini sebenarnya masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan. Namun, dengan semakin gencarnya postingan foto di sosial media oleh para traveler muda, membuat air terjun ini semakin terkenal.

Aliran Air Terjun Tukad Cepung lumayan deras dengan diapit 2 tebing yang menjulang tinggi. Nah, momen yang ditunggu traveler biasanya adalah ketika cahaya matahari masuk ke sekitar air terjun ini. Cahayanya sungguh indah layaknya "cahaya surga" di Goa Jomblang Gunung Kidul Yogyakarta.

Rute jalan menuju ke Air Terjun Tukad Cepung dapat kamu tempuh melalui perempatan tugu jam dinding yang ada di dusun Penida Kelod, Tembuku. Dari tempat ini, kamu belok kanan dan ikuti jalan lurus sampai ketemu daerah di mana banyak pemuda berkumpul.

Minta bantuanlah kepada mereka untuk mengantarkan kamu ke Tukad Cepung. Jangan lupa abadikan keindahan Air Terjun Tukad Cepung dengan kamera terbaikmu!

Nah, itu dia sejumlah objek wisata alam yang indah dan lagi ngehits dikalangan wisatawan. Buat kamu yang punya info tempat wisata baru di Bali selain pantai, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Related Posts