14 Air Terjun Indah Dan Bagus Di Kebumen Yang Wajib Dikunjungi

shares

Air Terjun Di Kebumen - Inilah daftar air terjun indah dan bagus di Kebumen Jawa Tengah yang wajib dikunjungi. Selain terkenal akan pantainya yang cantik, Kabupaten / Kota Kebumen juga kaya akan wisata air terjun yang eksotis. Tak kalah keren dengan air terjun di Malang, Jogja, atau pun Bali.

Nah, buat kamu yang suka banget sama objek wisata air terjun atau curug yang masih alami dan belum terjamah, datang saja ke Kebumen. Dahaga kamu akan keindahan air yang turun dari atas tebing akan langsung terobati. Yuk, langsung saja simak review dan ulasan air terjun terindah yang ada di Kebumen berikut.

Daftar Air Terjun Indah Dan Bagus Di Kebumen Yang Wajib Dikunjungi

1. Air Terjun Gemawang atau Curug Gemawang

Air Terjun Di Kebumen
Curug Gemawang salah satu air terjun di Kebumen yang indah dan bagus (Foto : instagram)
Air Terjun Gemawang terletak di desa Candirenggo, kecamatan Ayah. Air terjun ini terkenal sebagai mutiara cantik tersembunyi dari Kebumen karena lokasinya berada dibalik perbukitan yang lebat.

Karena berada di perbukitan dan masih belum terjamah, maka untuk mengunjunginya kamu harus siap dengan fisik yang prima untuk treking. Kamu hanya bisa menaiki kendaraan hingga Desa Candirenggo, setelah itu kamu harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Untuk kendaraan bisa dititipkan di rumah warga setempat di Desa Candirenggo. Selama treking kamu akan melewati jalan tanah, menyeberangi sungai, dan melalui pemakaman sebelum akhirnya tiba di lokasi. Rasa lelah dan letih akan terbayarkan begitu kamu melihat keindahan Curug Gemawang.

2. Air Terjun Wringin atau Curug Wringin

Air Terjun Indah Di Kebumen
Ilustrasi air terjun indah di Kebumen yang bernama Curug Wringin (Foto : @baihaqi.krw)
Bagi kamu yang suka banget sama kegiatan cliff jumping, gak perlu deh jauh-jauh pergi ke Blue Lagoon, Nusa Ceningan, Bali. Datang saja Curug Wringin yang terletak di Desa Pujotirto, Kecamatan Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah. Dari desai ini kamu cukup trekking sekitar 30-45 menit saja.

Air terjun Curug Wringin ini merupakan tempat yang bagus untuk cliff jumping. Recommended deh, hehe. Lokasinya tersembunyi di antara kebun warga setempat dan konon kabarnya belum banyak dikunjungi wisatawan.

Selain enak buat cliff jumping, kolam di curug ini juga cocok sekali untuk berenang karena luasnya yang mencapai sekitar 6 meter. Namun, bagi kamu yang gak jago berenang, sangat tidak disarankan menjeburkan diri disini. Hal ini karena kedalaman kolam bisa mencapai sekitar 4-6 meter.

3. Air Terjun Plumbon atau Curug Plumbon (Curug Kali)
Air Terjun Bagus Di Kebumen
Curug Plumbon termasuk air terjun yang bagus di Kebumen (Foto : @gunk96)
Oya, saya hampir lupa mengenalkan istilah curug. Bagi sobat traveler yang belum tahu, curug itu artinya air terjun. Jadi, kalau kamu denger kata curug atau coban itu sama dengan air terjun, atau waterfall. Lokasi Curug Plumbon terletak antara Dusun Grigak dan Plumbon di Desa Plumbon, Kecamtan Karangsambung, Kebumen.

Air terjun terindah di Kebumen ini berada tidak jauh dari SD N 2 Plumbon atau bisa dibilang curug ini berada tidak jauh dari jalan Raya Plumbon-Wadasmalang. Jaraknya dari kota Kebumen sekitar 16 km.

Nah, di sekitar SD N 2 Plumbon inilah nantinya pengunjung memarkir kendaraan yang kemudian dilanjutkan perjalanan dengan menyusuri sungai. Curug Plumbon memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

Walaupun tidak begitu tinggi, curug ini terkenal dengan kejernihan airnya yang siap memanjakan Anda dengan kesejukan dan kedamaian. Keistimewaan lain yang dimiliki air terjun ini adalah bentuknya yang unik, cocok banget untuk foto-foto.

Tal ayal, Curug Plumbon pun saat ini menjadi salah satu tempat wisata indah di Kebumen yang ngehits banget dikalangan anak muda Jangan lupa siapkan kamera full baterai kalau berkunjung ke sini. Rugi deh kalau sampai melewatkan tempat yang paling instagramable di Kebumen ini.

4. Air Terjun Kedondong atau Curug Kedondong (Curug Gunungsari)

Air Terjun Kedondong atau Curug Kedondong
Air Terjun Kedondong atau Curug Kedondong (Foto : instagram)
Curug Kedondong merupakan curug di daerah Kebumen yang wajib dikunjungi bagi kamu pecinta air terjun. Mengapa demikian? Karena curug yang mempunyai ketinggian 23 meter ini unik dan indah. Air disini turun merayap pelan diantara tebing bebatuan.

Selain itu, tempat wisata air terjun di Kebumen ini masih jarang dikunjungi sehingga nuansa alaminya dapat banget. Kamu bisa mendapatkan spot foto yang keren disini dengan latar air terjun dan bebatuan. Hasil jepretan kamu di tempat ini akan semakin membuat instagrammu makin ngehits.

Lokasi Curug Kedondong atau yang sering disebut Curug Gunungsari ini berada di Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam, Kebumen. Warga setempat menyebutnya Curug Butak. Jarak air terjun ini sekitar 26 km dari kota Kebumen. Setelah sampai di desa (pemukiman warga) kamu masih harus berjalan sekitar 450 meter menuju lokasi.

Karena curug ini belum resmi dikelola menjadi objek wisata, jadi belum ada akses masuk maupun fasilitas. Anda tak akan menemukan kolam untuk berendam di bawah curug cantik ini. Jadi, kalau memang kamu mau mengunjungi curug ini sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

5. Air Terjun Silangit atau Curug Silangit

Curug Silangit
Curug Silangit (Foto : @cepmoenasep)
Air Terjun Silangit termasuk curug indah di Kebumen yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Jangan tertipu dengan namanya ya guys, meskipun dipanggil Silangit tapi curug ini tak begitu tinggi.

Curug Silangit ini menawarkan keindahan air kolamnya yang jernih dan segar. Lokasi curug ini terletak di desa Sidoagung, Kecamatan Sruweng. Untuk menuju lokasi air terjun kamu harus trekking dulu selama 30-45 menitan. Rasa lelahmu akan terbayar begitu sampai di Curug Silangit.

6. Air Terjun Sawangan atau Curug Sawangan

Curug Sawangan
Curug Sawangan (Foto @auliafusi23)
Air Terjun Sawangan berada di Desa Karangduwur atau Desa Argopeni, Kecamatan Ayah. Curug Sawangan ini konon kabarnya disebut sebagai air terjun tertinggi di Kebumen. Jalan yang digunakan untuk menuju lokasi curug ini sudah dilengkapi dengan jalan setapak dan anak tangga.

Kalau kamu sudah berada di Jalan Raya Ayah – Karangbolong di Desa Argopeni, berarti kamu tinggal jalan kaki kurang dari 1 km untuk mencapai lokasi curug. Dari curug ini kamu akan bisa melihat pemandangan Samudera Hindia yang luas sepanjang mata memandang.

Oya, karena lokasinya satu kawasan dengan Pantai Sawangan, maka curug ini pun kerap disebut air terjun tepi pantai. Nah, bagi kamu yang bingung mencari pantai indah di Kebumen yang ada air terjun-nya, datang saja ke Pantai Sawangan.

Selain Curug yang indah, di kawasan desa Karangduwur ini kamu juga bisa menemukan Gua Sawangan yang terkenal dengan pesona stalakmit dan stalaktitnya. Gua ini juga terkenal dengan air sungai bawah tanahnya yang melimpah ruah.

7. Air Terjun Silancur atau Curug Silancur

Curug Silancur
Curug Silancur (Foto : iproudwithmyself.blogspot.com)
Curug Silancur terletak di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Karangsambung, Kebumen. Curug ini tingginya mencapai sekitar 20 meter ini airnya jatuh ke batuan purba di bawahnya, sehingga tidak membentuk kolam.

Untuk mencapai air terjun Curug Silancur, kamu bisa menempuh perjalanan sejauh 35 km dari Kebumen, lalu berjalan kurang lebih 20 menit dari tempat parkir kendaraan ke dasar jurang.

8. Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro

Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro
Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro (Foto : instagram)
Inilah air terjun paling indah di Kebumen yang memiliki tiga tingkat dengan terjunan air yang membentuk formasi seperti tirai. Tidak perlu lama-lama untuk memutuskan menyambanginya. Kamu bisa datang ke dusun Kalikumbang, desa Donorojo, kecamatan Sempor jika ingin menikmati air terjun cantik ini.

Curug Sudimoro memiliki ketinggian sekitar 35 meter, bentuknya melebar sehingga air yang jatuh dari atas tebing membentuk semacam tirai putih yang elok dipandang. Debit airnya pun cukup deras dan stabil walaupun musim kemarau. Air terjun ini dikelilingi oleh banyak bukit yang menambah pesona kecantikannya.

9. Air Terjun Grojogan Kuang

Air Terjun Grojogan Kuang
Air Terjun Grojogan Kuang (Foto : instagram)
Grojogan Kuang terletak di desa Kedungiyom, kecamatan Alian. Ukurannya yang tidak terlalu tinggi, sekitar 2 meter. Mungkin karena ukurannya yang kecil inilah kemudian membuatnya disebut dengan grojogan bukannya curug.

Tempat ini lumayan bagus untuk dijadikan destinasi jalan-jalan. Di bawah grojogan ini terdapat kolam kecil yang cukup asyik untuk bermain. Biar kamu gak penasaran, mending langsung saja sambangi sendiri ke lokasi. Ok, guys?

10. Air Terjun Kedungwuni atau Curug Kedungwuni

Curug Kedungwuni
Curug Kedungwuni (Foto : instagram)
Curug Kedungwuni terletak di pelosok perbukitan Kebumen tepatnya di desa Rawareja, kecamatan Kebumen. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota sehingga mudah untuk disambangi. Air terjun dengan tinggi sekitar 11 meter ini tepat berada di barat Bukit Butak, salah satu puncak di perbukitan Bulupitu.

Sumber aliran airnya berasal dari sungai Kedungmati. Tidak begitu banyak ruang terbuka untuk bermain air di sekitar air terjun, kolam kecil di bawahnya pun paling cuma bisa untuk merendam kaki. Namun suasana alami dan jauh dari perkotaan membuat tempat ini cocok untuk menenangkan diri.

11. Air Terjun Karang Gemantung atau Curug Karang Gemantung

Air Terjun Karang Gemantung
Air Terjun Karang Gemantung (Foto : instagram)
Inilah air terjun yang lagi hits di Kebumen belakangan ini. Namanya Curug Karang Gemantung. Lokasinya berada di desa Pucangan, kecamatan Sadang atau berada di kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung.
Air terjun ini terletak di lereng Bukit Gliwang yang punya ketinggian 452 mdpl. Air Terjun Karang Gemantung ini memiliki dua terjunan yang saling berdampingan sehingga terlihat seperti air terjun kembar.

Curug Karang Gemantung mulai diketahui publik sejak foto-foto kerennya tersebar di dunia maya. Foto tersebut dalam waktu singkat menjadi viral dan mengundang rasa penasaran traveler muda untuk berkunjung langsung ke lokasi.

12. Air Terjun Pandansari atau Curug Pandansari

Air Terjun Pandansari atau Curug Pandansari
Air Terjun Pandansari atau Curug Pandansari (Foto : @salis_umaeroh)
Air terjun Pandansari terletak di desa Pandansari kecamatan Sruweng kabupaten Kebumen. Air terjun ini memiliki nama lain Kaliwiro. Ketinggian Air Terjun Pandansari mencapai sekitar 25 meter.

Air yang jatuh dari ketinggian tersebut terlihat sangat indah jika puncak musim penghujan tiba karena debit airnya besar. Sedangkan pada saat kemarau debit air akan mengecil bahkan kering. Akses jalan menuju air terjun ini cukup mudah karena dekat dengan pemukiman warga setempat.

13. Air Terjun Sikebut atau Curug Sikebut
Air Terjun Sikebut atau Curug Sikebut
Air Terjun Sikebut atau Curug Sikebut (Foto : @traveology)
Air terjun Sikebut terletak di desa Ginandong kecamatan Karanggayam kabupaten Kebumen. Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 24 meter ini akan sangat indah ketika musim penghujan. Gemericik air terjun saat tertiup angin menciptakan kesegaran tersendiri bagi kamu.

Akses jalan menuju lokasi terbilang sulit karena berada di antara hutan pinus Perhutani. Bahkan warga sekitar saja jarang mengunjungi tempat indah ini. Tak heran, jika air terjun Sikebut masih begitu alami dan belum terjamah.

Dinamakan Curug Sikebut karena air yang turun dari curug ini cukup deras. Curug Sikebut dapat dijangkau dengan melewati persawahan dan jalur setapak menyusuri hutan. Kamu mungkin akan melewati 2 arus sungai dan 1 curug kecil untuk mencapai Curug Sikebut. Jadi, harus hati-hati ya guys!

14. Air Terjun Sindaro atau Curug Sindaro

Air Terjun Sindaro atau Curug Sindaro
Air Terjun Sindaro atau Curug Sindaro (Foto : @indonesiajuara)
Air terjun Sindaro terletak di Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung. Air terjun ini memiliki dua tingkatan air terjun dengan ketinggian sekitar 25 meter. Air terjun ini merupakan aliran hulu Sungai Kedungbener sehingga debit air tidak akan kering meski musim kemarau sekalipun.

Air terjun yang masih sangat alami ini dikelilingi hutan, sehingga suasananya benar-benar asri. Aliran air terjun Sindaro sangat indah dilihat karena air akan jatuh dan menyebar, nampak seperti tirai air raksasa yang indah.

Wisata Air Terjun Di Kebumen
Keindahan Wisata Air Terjun Di Kebumen Curug Sindaro (Foto : explorekebumen.com)
Bagaimana guys? Keren dan cantik bukan wisata air terjunnya? Rugi deh kalau berkunjung ke Kebumen tanpa menikmati keindahan curugnya. Apalagi bagi kamu yang asli Kebumen, wajib deh datang ke tempat-tempat tersebut.

Jangan lupa share artikel ini ya guys, biar pariwisata Kebumen makin terkenal dan ngehits. Nah, bagi kamu yang punya info baru tentang air terjun indah dan bagus di Kebumen lainnya bisa share di kolom komentar untuk melengkapi.

Related Posts