20 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

shares

Tempat Wisata Di Bandung - Siapa seh yang terpikat dengan pesona wisata Bandung? Hampir semua tempat wisata di Bandung selalu digemari para wisatawan, mulai dari wisata alamnya yang memikat, sajian kulinernya yang lezat, khasanah budaya dan wisata sejarahnya, hingga wahana permainan dan hiburan yang menyenangkan.

Mungkin Anda akan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menyusuri semua tempat wisata di Bandung. Nah, untuk mempermmudah Anda dalam memilih tempat wisata di Bandung, berikut Plesir Area telah menyiapkan daftar objek wisata di Bandung. Yuk simak 20 tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi berikut.

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

1. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung (Foto : jubileechurchesfestival.org)

Trans Studio Bandung adalah sebuah tempat wisata di Bandung yang berupa kawasan rekreasi permainan yang berlokasi menyatu dengan Trans Studio Mall (dahulu bernama Bandung Super Mall). Secara simpel, Trans Studio Bandung adalah Dufan versi dalam ruangan.

Trans Studio Bandung adalah salah satu kawasan permainan dalam ruangan yang terbesar di dunia dengan lebih dari 20 jenis permainan yang seru. Harga tiket masuk adalah 150,000 Rupiah (Senin hingga Jumat), dan 250,000 Rupiah pada hari Sabtu dan Minggu. Selain menyatu dengan mall, Trans Studio Bandung juga menyatu dengan 2 hotel kelas internasional sehingga tidak perlu repot bila anda ingin menginap.

2. Kampung Gajah

Kampung Gajah Wonderland Bandung (Foto : wahanatourtravel.com)

Satu lagi tempat wisata di Bandung yang tidak kalah seru dengan Trans Studio Bandung, yaitu Kampung Gajah. Kampung Gajah yang terletak di Bandung utara merupakan sebuah kawasan wisata terpadu. Apapun jenis wisata yang Anda inginkan, dapat Anda temukan di Kampung Gajah. Mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, hingga berbagai jenis permainan air dan darat dapat Anda temukan di Kampung Gajah sehingga kawasan wisata ini sangat cocok untuk keluarga.

3. Selasar Sunaryo Art Space Bandung

Selasar Sunaryo Art Space (Foto : ursamadjor.com)

Tempat wisata di Bandung yang arsty ini berlokasi di Bukit Pakar Timur No.100, Bandung. Objek wisata ini secara berkala menyelenggarakan pameran dari seniman-seniman ternama Indonesia. Selasar Sunaryo Art Space menyediakan fasilitas kafe, tempat belanja, dan perpustakaan yang di desain unik. Bagi Anda penggemar seni, nampaknya wajib mengunjungi tempat ini.

4. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo (SAU) (Foto : anekatempatwisata.com)

Di Saung Angklung Udjo inilah kita akan lebih mengenal seni dan budaya Sunda dengan alat musiknya, yaitu angklung. Wayang golek, helaran, tari topeng, dan orchestra angklung secara bergantian selalu dipentaskan di sore hari. Pentas seni ini ditujukan untuk melestarikan seni dan budaya khas Sunda.

Saung Angklung Udjo adalah sebuah tempat wisata di Bandung yang berupa pertunjukan seni dan budaya bersifat edukatif. Dengan berkunjung ke Saung Angklung Udjo kita akan lebih mengenal seni dan budaya Sunda dengan alat musiknya yang terbuat dari bambu. Anda juga bisa berbelanja aneka angklung dan kerajinan lainnya disini untuk oleh-oleh.

5. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Bandung (Foto : kawahputihciwidey.com)

Terletak di Ciwidey, sekitar 50 KM di selatan Bandung, Kawah Putih Ciwidey adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang paling populer, terutama di kalangan pecinta wisata alam. Kawah Putih Ciwidey, sesuai dengan namanya adalah sebuah kawah vulkanik dengan tanah yang bewarna putih. Warna putih ini karena terdapat kandungan belerang pada tanahnya. Keunikan utama dari kawah putih adalah airnya yang selalu berubah warna. Objek wisata ini juga terkenal dengan sebutan Kawah Putih Bandung.

Baca Juga : 50 Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Terkenal

6. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu (Foto : novajourney.wordpress.com)

Berada sekitar 20 KM di utara kota Bandung, Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung berapi yang terletak di Lembang. Keunikan dari Gunung Tangkuban Perahu adalah bentuknya yang menyerupai sebuah perahu terbalik, sesuai dengan legenda yang mengatakan bahwa Gunung Tangkuban Perahu berasal dari perahu yang ditendang hingga terbalik oleh Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah tempat wisata alam yang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang paling terkenal.

7. Danau Situ Patenggang

Situ Patenggang (Foto : pariwisata4indonesia.wordpress.com)

Danau Situ Patenggang hanya berjarak sekitar 7 Km dari Kawah Putih Ciwidey, Bandung Selatan, yang terkenal dengan pesona alamnya. Danau ini pernah menjadi salah satu tempat shooting film `Heart` yang dibintangi oleh Nirina Zubir, Irwansyah, dan Acha Septriasa pada tahun 2006. Selain menikmati pemandangan danau, di sini juga bisa berpiknik atau bermain perahu air. Jangan lupa untuk melihat Batu Cinta yang berada di danau ini.

8. Taman Wisata Alam Maribaya

Maribaya Bandung (Foto : initempatwisata.com)

Maribaya menyuguhkan Anda pengalaman wisata alam yang menyegarkan. Dengan ikon air terjun Maribaya (Curug Maribaya) yang berketinggian 25 meter, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang mempesona dalam balutan udara segar yang menyehatkan. Tempat wisata di Bandung yang satu ini telah terkenal sejak dulu akan keindahan air terjunnya, kolam pemandian air panas, panorama alam, serta sajian kuliner lokal yang nikmat.

9. Kawasan Punclut

Kawasan Punclut Bandung (Foto : kingstourtravel.com)

Inilah tempat wisata di Bandung yang mampu menyuguhkan Anda sebuah lanskap Kota Bandung dari ketinggian. Kawasan Punclut, singkatan dari Puncak Ciumbuleuit, berada pada ketinggian sekitar 1.000 m dpl dengan hawa yang cenderung dingin dan menyegarkan.

Panorama eksotis Kota Bandung, terutama di malam hari sungguh menawan terlihat. Terlebih lagi sembari menikmati kuliner lokal yang lezat di sana. Ada banyak warung lesehan yang menyajikan Anda makanan dan minuman yang nikmat tatkala mengunjungi Punclut.

10. Kebun Bunga Cihideung

Kebun Bunga Cihideung (Foto : eleva.co)

Inilah kawasan wisata bunga di Bandung dengan ragam jenis bunga yang ditumbuhkembangkan di sana, mulai dari bunga krisan, mawar, gladiol, aster, hingga pohon buah jeruk kimkit. Para penyuka tanaman bunga selalu suka untuk mengunjungi tempat wisata Bandung yang satu ini. Anda dapat membeli bunga potong atau bunga pot dengan harga yang kompetitif. Semuanya dibalut dalam keramahan petani bunga yang sungguh berkesan di hati.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Di Lembang Bandung Yang Populer

11. Perkebunan Teh Rancabali
Perkebunan Teh Rancabali (Foto : denisusanto.tumblr.com)

Di Rancabali, Anda dapat menikmati panorama alam khas perkebunan teh yang berbukit dan berkelok-kelok dengan hamparan teh yang tertata rapi. Pesonanya semakin kental dengan perbukitan hijau yang mengelilingi perkebunan teh ini.

Tempat wisata Bandung ini mampu memberikan Anda pengalaman wisata yang unik dan berkesan dengan lanskap hijau dedaunan teh laksana permadani alam yang menawan. Hawa segar pegunungan dan latar berfoto yang menawan adalah daya tarik objek wisata di Rancabali.

12. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas (Foto : menerjemahkan.com)

Berada pada daerah berketinggian 1.700 meter dpl, Ranca Upas memiliki udara yang sangat sejuk dan menjadi dingin di saat malam. Inilah salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat cocok untuk berkemah serta melakukan banyak kegiatan outdoor yang menyenangkan.

Di sini terdapat pula konservasi penangkaran Rusa Jawa. Anda dapat berinteraksi langsung dengan kawanan rusa yang hidup bebas di alam terbuka dan memberi makan rusa-rusa itu.

13. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey (Foto : stihyapertiba.blogspot.com)

Kebun Strawberry Ciwidey adalah tempat wisata di Bandung yang memberi kesempatan kepada Anda untuk melihat dan berjalan-jalan di kebun strawberry. Selain itu Anda juga dapat memetik buah strawberry sendiri. Strawberry yang telah Anda petik itu kemudian akan ditimbang dan Anda harus membayar sesuai dengan berat strawberry yang telah Anda petik. Datanglah pada musim kemarau karena kualitas strawberry lebih bagus dari pada saat musim hujan.

14. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater (Foto : initempatwisata.com)

Pemandian Air Panas Ciater adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena selain berfungsi sebagai sarana rekreasi, Air Panas Ciater juga mempunyai pengaruh kesehatan bagi anda. Terletak sekitar 30 KM di utara kota Bandung, sumber Air Panas Ciater berasal dari sebuah kawah aktif di Gunung Tangkuban Perahu. Berendam di air belerang Ciater sangat cocok bagi anda yang ingin beristirahat sejenak.

15. Air Panas Ciwalini

Air Panas Ciwalini (Foto : wikimapia.org)

Bersumber dari air panas Gunung Patuha, Anda dapat menikmati sensasi berendam di kolam air air Ciwalini dengan efek yang menyehatkan bagi tubuh. Anda akan mendapati betapa jernihnya air panas yang ada di sana serta tidak akan mencium aroma belerang apapun.

Tersedia dua kolam pemandian air panas, yaitu kolam pemandian untuk dewasa dan untuk anak-anak. Jika Anda menginginkan privasi, tersedia pula tempat mandi air panas di lokasi ini dengan kondisi yang tertutup. Eksistensi salah satu tempat wisata di Bandung ini telah dikenal sejak lama di kalangan wisatawan.

Baca Juga : 8 Tempat Wisata Alam Di Bandung Yang Paling Keren

16. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung (Foto : magarabackpacker.com)

Museum yang satu ini berlokasi di jalan Diponegoro, dekat dengan Gedung Sate, Bandung. Selain sebagai tempat mendapatkan ilmu mengenai geologi, di sini sangat menyenangkan karena terdapat berbagai fosil dinosaurus. Dengan biaya yang tak terlalu mahal, berekreasi bersama anak-anak ke Museum Geologi Bandung ini bisa menjadi pilihan. Tak heran jika museum ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang murah meriah.

17. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha Bandung (Foto : infobandung.co.id)

Observatorium Bosscha adalah sebuah tempat wisata di Bandung untuk pengamatan bintang yang berlokasi di Lembang, kurang lebih sekitar 15 KM di utara kota Bandung. Apabila dahulu Anda pernah menonton film “Petualangan Sherina” maka Anda akan merasa familiar dengan tempat ini, karena Observatorium Bosscha merupakan salah satu lokasi pengambilan gambar film tersebut. Apabila Anda ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha, Anda harus mendaftar terlebih dahulu, tidak bisa langsung datang dan masuk begitu saja.

18. Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung (Foto : sewamobildicirebon.web.id)

Kebun Binatang adalah tempat wisata di Bandung yang populer. Ada banyak kalangan penikmat perjalanan yang mengunjunginya, terutama sebagai tujuan wisata keluarga yang murah di Bandung serta memberi banyak manfaat positif bagi anak-anak. Ketika tiba masa-masa libur dan akhir pekan, Kebun Binatang Bandung menjadi demikian ramai oleh kunjungan wisatawan.

19. De’Ranch

De’Ranch Bandung (Foto : annisarangkuti.wordpress.com)

De’Ranch juga termasuk salah satu tempat wisata di Bandung favorit anak-anak serta banyak keluarga. Destinasi wisata Bandung yang satu ini menghadirkan kegembiraan berkuda ala cowboy dalam suatu kawasan yang sungguh alami. Beberapa kegiatan wisata yang populer di sana, misalnya menunggang kuda, naik delman, fun boat, panahan, gold hunter, dan lain sebagainya.

20. Floating Market

Floating Market Bandung (Foto : liandamarta.com)

Anda dapat menikmati keindahan alam sekaligus kuliner dengan suguhan menu bercitarasa tinggi di kawasan wisata Bandung yang satu ini. Kesemuanya dibalut dalam konsep pasar terapung yang unik dan menarik. Floating Market dilengkapi dengan fasilitas dan wahana modern yang menarik, secara spesifik menghadirkan 3 tema utama, yaitu area bermain, belajar, dan kuliner. Inilah sebab mengapa tempat wisata di Bandung ini selalu ramai dengan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Nah, bagaimana destinasi wisata Bandungnya? Benar-benar mempesona bukan? Yuk, buruan agendakan liburan ke Bandung untuk menikmati aneka pesona wisata Bandung yang asyik, seru, dan menarik. Sekian info wisata dari Plesir Area tentang 20 tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi.

Related Posts